Thursday, 29 September 2011 06:01 Admin Istrator
Print PDF

Bagaimana Kita Bisa Lebih Tinggi?

Kalau kita bicara mengenai pertumbuhan tulang, kita semua tahu bahwa tulang terhenti  pertumbuhannya pada umur sekitar 18 sampai sekitar 20 tahun. (Bervariasi pada setiap orang)

Tentunya anda bertanya-tanya. Umur anda kini (misalnya) 28 tahun, bagaimana saya bertambah tinggi sedangkan tulang saya sudah tidak dalam phase pertumbuhan.

Dalam program ini, dan program tinggi-badan manapun tidak ada satupun yang menjanjikan akan menambah massa tulang melalui pertumbuhan tulang. Melainkan menstimulasi pertumbuhan tumpukan cakram tulang rawan (intervertebral discs) yang terdapat pada tulang punggung kita yang teksturnya lebih lunak dari tulang pada umumnya.

Tulang inilah yang menopang tiap ruas tulang punggung yang jumlahnya 33. yaitu 7 buah pada tulang leher, 12 buah pada tulang punggung, 5 buah pada tulang pinggang, 5 buah pada tulang kelangkang dan 4 buah pada tulang ekor.

Dikarenakan tekstur tulang ini yang sedikit lunak dan elastis dari tulang biasa yang berfungsi sebagai peredam kejut dalam aktivitas kita sehari-hari, maka program ini bertujuan menstimulasi tulang tersebut hingga menjadi lebih panjang dan statis sehingga membentuk tulang punggung yang lebih panjang dan menghasilkan penambahan tinggi badan.

Panduan Gerak Untuk Penebalan Tulang Cakram

Ada empat langkah dan latihan guna mempertebal tulang cakram tersebut yang membutuhkan konsistensi dan komitmen anda untuk mencurahkan tenaga dan waktu anda untuk mencapai tujuan yakni menambah tinggi postur tubuh anda. seperti berikut ini:

1. Spine Pull up (Pembukaan Ruas Tulang Belakang)
2. Streching (Peregangan)
3. Postural Exsercise (Latihan Postur)
4. Kicking (menendang)
5. Hanging (bergantung)

1. Spine Pull up (Pembukaan Ruas Tulang Belakang)

Sebelum sebelum memulai latihan-latihan diatas, disarankan anda melakukan “Pembukaan Ruas” yakni berfungsi untuk membuka dan menstimulasi lapisan tulang cakram pada tulang punggung sebelum akhirnya mengalami penebalan permanent setelah melakukan pelatihan.

Pada program lainnya seperti Ortopedi atau program lainnya yang berasal dari Amerika atau Jepang, hal seperti ini biasanya dibantu oleh sebuah alat yang berfungsi seperti menarik kepala anda.

Namun dalam program ini saya tidak menganjurkan anda menggunakan alat tersebut, disamping karena harganya yang sangat mahal, juga dikhawatirkan terdapat cidera kecil yang tidak kita inginkan dari penggunaan alat tersebut.

Caranya : Anda duduk bersila di lantai, minta bantuan pada seseorang , orang yang membantu anda berdiri di belakang anda, dengan posisi tangan seperti diatas, yaitu tangan kanan didepan dibawah dagu, dan tangan kiri dibelakang kepala.

image

Setelah itu tarik keatas perlahan-lahan seolah-olah mencoba mencopot kepala
dari tubuh. Tidak perlu dihentak, tarik dan tahan kira-kira 2 detik, lalu lepaskan
lagi perlahan-lahan. Ulangi hal ini 10 kali, dan lakukan setiap kali ingin berlatih
pada pagi dan malam hari. Biasanya anda akan merasakan kenyamanan setelah
melakukan “Pembukaan Ruas” ini.

2. Treching (Peregangan)

Gerakan latihan pertama yang kita lakukan adalah Stretching.

image
caranya : Menghadap dan bersandarlah ke tembok, angkatlah kedua tangan anda
setinggi-tingginya seolah menggapai sesuatu yang tinggi dengan mendongak ke atas dengan kaki menjinjit (lihat gambar). Tahan posisi tersebut dalam hitungan 8 lalu
berdiri kembali. Lakukan sebanyak sepuluh kali Perlu diingat bahwa selama anda meregang anda harus merasakan bahwa tulang belakang anda memanjang, ini bagus untuk energi sugesti anda untuk penambah massa cakram.

3. Postural Exsercise (Latihan Postur)

Dalam kata umum hal ini dapat disebut yoga. Bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengan yoga, pada awalnya mereka akan mengalami kesulitan dan ketidak nyamanan dalam setiap gerakan. tetapi jika hal ini sudah menjadi rutinitas anda sehari-hari maka aktivitas ini seolah-olah akan menjadi kebutuhan anda. Karena dengan Yoga anda mengolah tubuh, mental
dan spiritual.

Dengan pengolahan mental yang baik maka akan berpengaruh kepada metabolisme yang baik, dan terbukti jika seseorang sedang menjalani suatu program, seperti (misalnya) program Body Building, tetapi dalam menjalaninya seiring dengan stress dan depresi, tentu tidak akan berhasil dengan optimal.

Dalam latihan ini bertujuan untuk menstimulasi cairan tulang belakang anda agar massa tulang cakram bertambah, dan sekaligus mengurangi deperesi, stress, pencerahan fikiran yang berpotensi membantu pertumbuhan tinggi badan.

Catatan:

1. Ketika anda mengambil nafas dianjurkan menghirup melalui hidung, dan ketika menghembuskan melalui mulut.
2. Tutuplah mata anda selama melakukan latihan ini agar anda dapat lebih rileks dan fokus.
3. Setelah melakukan gerakan-gerakan ini berbaringlah dan rasakan kebugaran tubuh dan mental anda.
4. Lakukan gerakan-gerakan ini pada saat 3 jam sebelum atau sesudah makan
5. Waktu yang terbaik untuk melakukan gerakan ini adalah pagi hari setelah bangun tidur, disebabkan pada saat itu cakram tulang punggung anda sedang mengalami pemuaian.

Setelah latihan dianjurkan minum segelas air yang dicampur satu sendok teh gula dan ¼ garam guna mengganti cairan tubuh yang hilang dari pengeluaran keringat selama latihan untuk menghindari dehidrasi.

4. Kicking (Menendang)

Dalam program ini kita tidak sekedar dapat menambah tinggi badan kita dengan menambah massa cakram intervertebral pada tulang punggung saja, melainkan ada jenis tulang rawan lainnya yang berpotensi untuk dipertebal dengan melalui gerakan menendang.

Adalah garis epifisis sebagai tempat lempeng pertumbuhan pada paha, tempat melekat tendon pada tulang tungkai bawah. Juga berfungsi sebagai peredam kejut diantara persendian seperti dalam tampilan gambar berikut:

Jadi bisa di asumsikan bahwa para atlet Taekwondo yang lebih sering melakukan gerakan
tendangan, juga kick boxer yang mana kaki mereka berpotensi untuk mengalami pemanjangan dari semestinya.

Untuk penunjang menambah tinggi badan, berikut ini adalah metode yang efektif:
Lakukan pemanasan selama + 15 menit dengan melakukan strecthing yaitu merangkul salah satu kaki anda dalam posisi berdiri, tahan selama beberapa menit, lalu ganti dengan kaki yang lain.

Berlari di tempat dengan kaki diangkat setinggi-tingginya selama 3 menit saja. Setelah itu lakukan gerakan menendang sebanyak 15 repetisi dari setiap kaki secara bergantian. Lakukan berulang-ulang hingga tiap kaki menendang sebanyak 60 kali, lakukanlah pagi, siang dan malam Agar anda lebih nyaman, anda boleh berpegangan kepada sesuatu. Lakukan pada waktu pagi hari dan malam hari .

Dengan rutinitas ini maka akan menciptakan suatu microfracture (keguncangan kecil) pada garis epifisis tibia, sehingga tubuh kita secara otomatis akan memproduksi sel guna memperbaiki epifisis yang terguncang tadi, sehingga berpotensi akan mempertebal epifisis.

Ibarat dalam dunia muscle art (binaraga) dimana penambahan sel pada otot adalah akibat „keguncangan“ pada otot yang dihasilkan dari mengangkat beban berat dan perlahan-lahan otot mengalami penebalan dengan sendirinya. Cuma bedanya dalam otot terbangun dari unsur protein, sedangkan pada tulang adalah kalsium.

5. Hanging (Bergantung)

Jenis latihan bergantung sangat berpengaruh dalam program ini.
Seperti telah saya singgung sebelumnya bahwa didalam tulang punggung kita terdapat cakram intervertebral yang berpotensi dapat merenggang untuk penambahan tinggi badan.

Aktivitas bergantung atau berayun sangat berpengaruh untuk membuka ruas organ ini. Hal ini sangat mudah dilakukan, yaitu dengan bergantung selama 15 detik, kemudian turun, bernafas dan ulangi lagi.

Dalam repetisinya anda dapat tingkatkan dari 15 detik meningkat menjadi 20 detik. Berayunlah dengan hitungan 4 lalu istirahat, lalu tingkatkan jumlah ayunan menjadi 7 sampai 9 dan seterusnya dengan sedikit menghentakkan kaki kearah bawah. Peningkatan jumlah berayun disarankan tidak sekaligus guna menghindari cidera otot belikat.

Silahkan anda praktekan seluruh metode diatas, dengan ketekunan dan kesabaran, saya yakin anda akan mampu menambah tinggi badan anda secara instan, semoga bermanfaat…..

 

 

Source : Info Sehat

Last Updated on Thursday, 29 September 2011 06:31

ASK PHARMACIST

Rubrik ini diasuh oleh Kimia Farma Apotek. Untuk mengirim pertanyaan seputar kesehatan & obat, klik disini
Pertanyaan :

RESEP ONLINE

JURNAL KESEHATAN

Catat histori medikasi & kesehatan Anda sebagai referensi pengobatan ke depan klik disini

You are here:   HomeHealth InfoTips-Tips KesehatanRahasia Sukses Menambah Tinggi Badan

LAYANAN PELANGGAN

021 3857245 ext.120

0856.185.8005 (SMS only)

care@kimiafarmaapotek.com

NEWSLETTER

Daftar disini untuk mendapatkan informasi promo dan update dari KFA